SELAMAT DATANG DI BLOG SAHRUL

Jumat, 12 November 2010

Merapi Kembali Mengeluarkan Awan Panas

YOGYAKARTA – Aktivitas di Gunung Merapi memang mengalami penurunan. Namun, bukan berarti Merapi berhenti mengeluarkan awan panas (wedhus gembel).

Siang tadi sekira pukul 12.52 WIB, Jumat (12/11/2010), gunung teraktif di Indonesia ini kembali mengeluarkan awan panas setinggi 800 meter. Awan panas tersebut mengarah ke Kali Gendol, Yogyakarta.

“Jarak luncurnya sampai empat kilometer. Hal ini terjadi karena Merapi masih berstatus awas,” ujar Kepala Balai Pusat Penelitian Teknologi Kegunungapian, Subandrio, saat dikonfirmasi okezone.

Selain itu, kata dia, gempa tremor juga masih terjadi. Guguran larva pun terjadi sebanyak 10 kali. “Tadi juga gempa tektonik terjadi sebanyak dua kali,” singkatnya.

Hingga kini, jumlah korban akibat letusan Korban Merapi terus bertambah. Sampai dengan Jumat pukul 10.00 WIB, jumlah korban tewas mencapai 161 orang.

Berdasarkan keterangan Humas Rumah Sakit Dr Sardjito Yogyakarta, Trino Heru Nugroho, 161 korban tewas adalah jumlah gabungan korban Merapi pada letusan pertama pada 26 Oktober dan letusan kedua pada 5 November. Di mana pada letusan pertama sebanyak 37 tewas, sedangkan pada letusan kedua sebanyak 124 jiwa.
(teb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar