SELAMAT DATANG DI BLOG SAHRUL

Jumat, 17 Desember 2010

Petani Menuntut Ganti Rugi


Kompas, 28 September 2010
Karawang, Kompas - Puluhan petani bersama sejumlah aktivis Serikat Petani Karawang, Senin (27/9), mendatangi Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Jawa Barat, untuk menuntut ganti rugi kegagalan panen akibat serangan hama. Mereka meminta pemerintah membayar kerugian petani dan serius menjalankan program pertanian.

Massa petani, antara lain dari Kecamatan Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon, Pakisjaya, dan Pangkalan, membawa contoh rumpun padi yang kering akibat diserang wereng. Mereka umumnya petani yang memiliki lahan kurang dari 1 hektar dan petani penggarap yang menyewa lahan dan menanam padi dengan sistem bagi hasil.

Kholik (42), petani Desa Cikalong, Cilamaya Wetan, mengatakan, tanaman padi miliknya berumur lebih dari 100 hari dan memasuki masa panen pekan depan. Namun, sebagian besar dari 1 hektar tanaman padinya rusak terserang wereng batang coklat. Batang serta daunnya mengering dan bulir padi hampa. ”Biasanya bisa panen 5-6 ton gabah kering panen (GKP) per hektar, tetapi sekarang 2 kuintal pun saya tidak yakin. Banyak yang rusak karena wereng. Padahal, modal sudah keluar lebih dari Rp 4 juta.”

1 komentar:

  1. Gimana sama nasib para Petani dari Tegalampes.Mukti jaya kena serangan hama enggak Pak..?

    BalasHapus